Sabtu, 30 April 2011

PERILAKU KONSUMEN Bab 9 Karakteristik Demografi, Ekonomi, dan Sosial Konsumen

Nama : Nur Aliah Rahman
NRP : I24090001
Pertanyaan
1. Gambarkan perbedaan – perbedaan sikap, persepsi, dan perilaku yang anda amati dalam karakteristik dan sub budaya?
2. Bagaimana pola konsumsi seseorang sehingga dapat dibedakan antara kelas atas, bawah, dan menengah?
Jawaban
1. Contoh yang saya ambil dalam karakteristik demografi adalah pendapatan. Dalam subbudaya pendapatan dibagi lagi menjadi kecil, sedang, dan tinggi. Jika dikaitkan dalam proses pemasaran, seorang produsen jika ingin memasarkan produknya maka yang perlu diperhatikan adalah pendapatan yang diperoleh oleh seorang konsumen, lebih lanjut lagi adalah seberapa besar pendapatan yang diperoleh konsumen tersebut. dengan mengetahui pendapatan tersebut barulah produsen memasarkan produknya. Misalnya produk dengan harga tinggi sebaiknya dipasarkan kepada konsumen yang tiap bulannya memperoleh pendapatan yang tinggi, begitu pula sebaliknya. Dengan demikian produsen yang pintar adalah produsen yang mengetahui target atau sasaran yang tepat untuk memasarkan produknya tersebut.
2. Seseorang bisa dibedakan antara kelas sosial atas, bawah, dan menengah adalah dengan melihat penampilannya. Dengan penampilan tersebut bisa disimpulkan seseorang tersebut berada pada golongan yang mana, penampilan tersebut bisa dilihat dari apa yang mereka pakai mulai dari ujung kepala sampai kaki, merk2 apa yang mereka gunakan dan bagaimana mereka menggnakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar