Senin, 04 April 2011

RESUME PERILAKU KONSUMEN :BAB 7 SIFAT KONSUMEN

Sikap konsumen (attitude) adalah factor penting yang akan mempengaruhi keputusan konsumen. Konsep sikap sangat terkait dengan konsep kepercayaan dan perilaku.
Defenisi sikap dan kepercayaan
- sikap : merupakan suatu ungkapan perasaan konsumen tentang suatu objek apakah disukai atau tidak dan sikap juga bias menggambarkan kepercayaan konsumen terhadap berbagai atribut dan manfaat dari objek tersebut.
- Kepercayaan : pengetahuan konsumen mengenai suatu objek, atributnya, dan manfaatnya.
Karakterisitik sikap
1. Sikap memiliki objek
2. Konsistensi sikap
3. Sikap bias positif, negative dan netral
4. Sikap bias dibedakan berdasarkan intensitasnya
5. Resistensi sikap
6. Persistensi sikap
7. Keyakinan sikap
8. Sikap dan situasi
Fungsi sikap yang dipakai dalam strategi pemasaran yaitu :
- Fungsi utilitarian
- Fungsi mempertahankan ego
- Fungsi ekspresi nilai
- Funsi pengetahuan
- Kombinasi beberapa fungsi
- Mengasosiasikan produk dengan sebuah kelompok atau peristiwa
- Memecahkan konflik dua sikap yang berlawanan
- Mengubah evaluasi relative terhadap atribut
- Memngubah kepercayaan merek
- Menambahkan sebuah atribut pada produk
- Mengubah penilaian merek secara menyeluruh
- Mengubah kepercayaan terhadap merek pesaing
Model sikap
- Model 3 komponan
1. Komponen kognitif
2. Komponen afektif
3. Komponen konatif
- Model sikap multi atribut
Menjelaskan 3 model yaitu : the attitude – toward object model, the attitude – toward behavior model, dan the theory of reasoned – action model.
Model “the attitude – toward object model” digunakan untuk mengukur sikap konsumen terhadap sebuah produk (pelayanan/jasa) atau berbagai merek produk.
Model sikap lainnya sering digunakan untuk menganalisis sikap konsumen terhadap suatu produk adalah model sikap angka ideal. Model tersebut mengemukakan bahwa model angka ini akan memberikan informasi mengenai sikap konsumen terhadap merek suatu produk dan sekaligus memberikan informasi merek ideal yg dirasakan konsumen.
Based on UJang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran(Consumer Behavior: Theory and Application In Marketing)
Summarized by Nur Aliah Rahman (Majoring In Family Science And Consumer, College Of Human Ecology – Bogor Agricultural University, Bogor Indonesia)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar